PENGARUH PENGGUNAAN JENIS MEDIA YANG BERBEDA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SMA

Main Authors: ., NI LUH PUTU CARIASTINI, ., PROF. DR. PUTU BUDI ADNYANA, M.Si., ., DR. I GST.AGUNG NYM.SETIAWAN, M.Si.
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia , 2019
Online Access: http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/2332
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan: (1) perbedaan pemahaman konsep biologi antara siswa yang dibelajarkan menggunakan media gambar, torso dan video; (2) perbedaan pemahaman konsep biologi antara siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditori dan kinestetik; dan (3) interaksi antara penggunaan jenis media yang berbeda dengan gaya belajar terhadap pemahaman konsep biologi. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain one group pre-test post-test design. Pengambilan sampel menggunakan random assignment pada kelas XI MIPA SMAN 4 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis varian (Anava). Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan: (1) terdapat perbedaan pemahaman konsep biologi antara siswa yang dibelajarkan menggunakan media gambar, media torso dan media video (F=4,588; p