Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul “Pengaruh Strategi Pembelajaran Metafora Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 3 Palembang”. Tujuan dari penelitian ini untuk membuktikan pengaruh strategi pembelajaran metafora terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan desain penelitian Quasi Experimental Design bentuk Post Test Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPS SMA Negeri 3 Palembang pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel Cluster Random Sampling yaitu dengan cara diundi sehingga diperoleh kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPS 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu uji t (Polled Varian) dan di peroleh t hitung (7,375) > t tabel (1,227) maka hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh strategi pembelajaran metafora terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Palembang. Disarankan dalam menerapkan strategi pembelajaran metafora pada saat pembuatan instrumen soal harus ber- dasarkan tugas dan peran pengelola koperasi, seandainya peserta didik diandaikan sebagai pengelola koperasi. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Metafora dan Hasil Belajar