ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP FISIKA MATERI KINEMATIKA DENGAN TEKNIK CRI DI SMAN 1 TALANG KELAPA
Daftar Isi:
- Telah dilakukan analisis pemahaman konsep fisika materi kinematika dengan teknik CRI di SMAN 1 Talang Kelapa kelas XI IPA3 dan XI IPA 4. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan langkah- langkah penelitian purposive sampling, (1) Tahap Persiapan terdiri dari beberapa kegiatan yaitu : (a) Mempersiapkan instrumen penelitian, dalam hal ini instrumen yang digunakan telah valid (b) Melakukan perizinan ke Universitas, dilanjutkan ke Diknas Pendidikan kota Palembang dan selanjutnya kesekolah yang telah dipilih (c) Meminta konfirmasi pihak sekolah (2)Tahap Pelaksanaan dengan memberikan instrumen tes soal Assesmen (3) Tahap Akhir peneliti melakukan pengolahan data hasil lalu membuat laporan penelitian.Instrumen yang digunakan yaitu assesmen dan lembar CRI. Hasil Tes multiple choice yang dilengkapi CRI pada soal konsep Kinematika. Pemahaman konsep siswa untuk materi kinematika masih sangat rendah karena pemahaman konsep siswa untuk materi kinematika masih sangat rendah karena telah dibuktikan siswa paham konsep siswa sebesar 36,10 % dan siswa yang mengalami miskonsepsi sebesar 63,89 %. Sehingga persentase yang didapat saat penelitian siswa cenderung mengalami miskonsepsi untuk materi kinematika. Terdapat tingkat persentase miskonsepsi yang dialami siswa pada setiap konsep , pada konsep GLB dengan Kecepatan dan Percepatan Konstan sebanyak 57,87 %, pada konsep Hukum Newton dan penerapannya sebanyak 63,8 % dan pada konsep Gerak Melingkar sebanyak 70 %