PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR KELAS XI SMA NEGERI 2 TANJUNG RAJA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa SMA N 2 Tanjung Raja pada materi Suhu dan Kalor. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen, dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Tanjung Raja dan sampel penelitian ini adalah kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Proses pembelajaran dikelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Solving dan di kelas kontrol diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar siswa dalam bentuk essay. Uji statistik data hasil tes menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai post-test yang diperoleh siswa kelas eksperimen adalah 79 dan rata-rata nilai post-test yang diperoleh siswa kelas kontrol adalah 71. Secara statistik dengan perhitungan menggunakan Uji t pada taraf signifikan (α) = 0,05 diperoleh thitung 2,05, sedangkan ttabel = 1.671, terlihat bahwa thitung > ttabel. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dalam model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa.