UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SUBTEMA KOMPONEN EKOSISTEM MENGGUNAKAN LKPD BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL SUMATERA SELATAN DI SD NEGERI 163 PALEMBANG
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V Subtema Komponen Ekosistem menggunakan LKPD Berbasis Keunggulan Lokal Sumatera Selatan di SD Negeri 163 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dalam dua siklus tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Penelitian tindakan kelas ini mempunyai 4 tahapan yang harus dipenuhi yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VB SD Negeri 163 Palembang dengan jumlah 32 siswa yang terdiri atas 17 laki-laki dan 15 perempuan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan, hal ini terlihat pada persentase ketuntasan belajar peserta didik di siklus I sebesar 56,25% dengan nilai rata-rata 67,8, pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa meningkat hingga mencapai 84,37% dengan nilai rata-rata 82,6. Hal ini didukung dari hasil observasi, keaktivitas peserta didik yang mengalami peningkatan, pada siklus I presentase keaktivitas peserta didik dalam belajar mencapai 73,43% dengan kategori aktif, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 83,59% dengan kategori sangat aktif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa menggunakan LKPD Berbasis Keunggulan Lokal Sumatera Selatan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V Subtema Komponen Ekosistem SD Negeri 163 Palembang