Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini untuk membuktikan pengaruh media karikatur terhadap hasil belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan desain penelitian Quasi Experimental Design bentuk Post Test Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPS SMA Negeri 2 Palembang pada semester genap tahun pelajaran 2018 / 2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling yaitu dengan cara diundi sehingga diperoleh kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu tes dan observasi. Teknik analisis data hasil belajar peserta didik diperoleh dari hasil post test dan dikelompokan dalam katagori Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan analisis data observasi diperoleh dari hasil observasi yang diberikan oleh observer pada saat pembelajaran berlangsung. Pada pengujian hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu uji korelasi pearson product moment, koefisien determinan kemudian dilanjutkan dengan uji-t menggunakan rumus Polled Varians dan diperoleh thitung (2,482) ≥ ttabel (1,998) maka hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh media karikatur terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Palembang. Disarankan pada saat menerapkan media karikatur di setiap proses pembelajaran sudah menggunakan media karikatur disetiap pertemuan dengan cara media tersebut di fotocopy, disarankan guru dapat membuat media karikatur menjadi lebih sesuai dengan materi yang dibahas. Kata-kata Kunci: Media Karikatur, Hasil Belajar.