PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN BULETIN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA SANDIKA SUKAJADI
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh media pembelajaran papan buletin terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Sandika Sukajadi. Jenis penelitian ini quasi eksperimental design dengan rancangan penelitian posttest-Only Control Design.. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPSSMA Sandika Sukajadi. Pemilihan sampel menggunakan cluster sampling, sampel yang terpilih adalah X IPS1 berjumlah 35 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 2 berjumlah 30 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Pengujian hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu uji t-test polled varians dan diperoleh thitung > ttabel(14,93 > 0,074)maka hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh media pembelajaran papan buletin terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Sandika Sukajadi. Disarankan pada saat menerapkan media pembelajaran papan buletin guru diharapkan lebih kreatif dalam mendesain media papan buletin agar peserta didik lebih antusias ketika proses pembelajaran. Kata-kata kunci:Media Papan Buletin,Peserta Didik,Hasil Belajar