ctrlnum 9314
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unsri.ac.id/9314/</relation><title>PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 11 PALEMBANG</title><creator>YURIKA, GENDIS PINDHOU</creator><creator>Koryati, Dewi</creator><creator>Deskoni, Deskoni</creator><subject>L7-991 Education (General)</subject><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh media pembelajaran mind mapping terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 11 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan desain penelitian True Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPS di SMA Negeri 11 Palembang pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 275 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling Cluster Random Sampling yang dilakukan secara acak kemudian terpilih kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 peserta didik dan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 39 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi dan angket. Teknik analisis data angket diperoleh untuk mengukur motivasi belajar peserta didik dan teknik analisis data observasi diperoleh dari observer pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Pengujian hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu uji Korelasi Pearson Product Moment, Koefisien Determinan dan Uji-t menggunakan rumus Polled Varians dan diperoleh thitung &gt; ttabel (37,5 &gt; 0,728) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran mind mapping terhadap motivasi peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 11 Palembang. Disarankan untuk melibatkan peserta didik dalam membuat mind mapping agar peserta didik dapat mengasah kemampuannya dalam kreativitas. &#xD; Kata Kunci: Media Pembelajaran, Mind Mapping, Motivasi Belajar</description><date>2019-07-31</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unsri.ac.id/9314/1/RAMA_87203_06031381520037.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unsri.ac.id/9314/4/RAMA_87203_06031381520037_TURNITIN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unsri.ac.id/9314/5/RAMA_87203_06031381520037_0022086402_0001017402_01_front_ref.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unsri.ac.id/9314/6/RAMA_87203_06031381520037_0022086402_0001017402_02.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unsri.ac.id/9314/7/RAMA_87203_06031381520037_0022086402_0001017402_03.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unsri.ac.id/9314/8/RAMA_87203_06031381520037_0022086402_0001017402_04.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unsri.ac.id/9314/9/RAMA_87203_06031381520037_0022086402_0001017402_05.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unsri.ac.id/9314/10/RAMA_87203_06031381520037_0022086402_0001017402_06_ref.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unsri.ac.id/9314/11/RAMA_87203_06031381520037_0022086402_0001017402_07_lamp.pdf</identifier><identifier> YURIKA, GENDIS PINDHOU and Koryati, Dewi and Deskoni, Deskoni (2019) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 11 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University. </identifier><recordID>9314</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author YURIKA, GENDIS PINDHOU
Koryati, Dewi
Deskoni, Deskoni
title PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 11 PALEMBANG
publishDate 2019
isbn 0603138152003
topic L7-991 Education (General)
LB Theory and practice of education
url http://repository.unsri.ac.id/9314/1/RAMA_87203_06031381520037.pdf
http://repository.unsri.ac.id/9314/4/RAMA_87203_06031381520037_TURNITIN.pdf
http://repository.unsri.ac.id/9314/5/RAMA_87203_06031381520037_0022086402_0001017402_01_front_ref.pdf
http://repository.unsri.ac.id/9314/6/RAMA_87203_06031381520037_0022086402_0001017402_02.pdf
http://repository.unsri.ac.id/9314/7/RAMA_87203_06031381520037_0022086402_0001017402_03.pdf
http://repository.unsri.ac.id/9314/8/RAMA_87203_06031381520037_0022086402_0001017402_04.pdf
http://repository.unsri.ac.id/9314/9/RAMA_87203_06031381520037_0022086402_0001017402_05.pdf
http://repository.unsri.ac.id/9314/10/RAMA_87203_06031381520037_0022086402_0001017402_06_ref.pdf
http://repository.unsri.ac.id/9314/11/RAMA_87203_06031381520037_0022086402_0001017402_07_lamp.pdf
http://repository.unsri.ac.id/9314/
contents Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh media pembelajaran mind mapping terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 11 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan desain penelitian True Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPS di SMA Negeri 11 Palembang pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 275 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling Cluster Random Sampling yang dilakukan secara acak kemudian terpilih kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 peserta didik dan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 39 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi dan angket. Teknik analisis data angket diperoleh untuk mengukur motivasi belajar peserta didik dan teknik analisis data observasi diperoleh dari observer pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Pengujian hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu uji Korelasi Pearson Product Moment, Koefisien Determinan dan Uji-t menggunakan rumus Polled Varians dan diperoleh thitung > ttabel (37,5 > 0,728) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran mind mapping terhadap motivasi peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 11 Palembang. Disarankan untuk melibatkan peserta didik dalam membuat mind mapping agar peserta didik dapat mengasah kemampuannya dalam kreativitas. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Mind Mapping, Motivasi Belajar
id IOS8119.9314
institution Universitas Sriwijaya
institution_id 177
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Sriwijaya
library_id 1098
collection Sriwijaya University Institutional Repository
repository_id 8119
city OGAN ILIR
province SUMATERA SELATAN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS8119
first_indexed 2020-03-23T07:56:56Z
last_indexed 2020-03-23T07:56:56Z
recordtype dc
_version_ 1674860806337986560
score 17.538404