HUBUNGAN KELINCAHAN DAN KESEIMBANGAN DENGAN KETERAMPILAN MENGGIRING BOLA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAK BOLA SMA NEGERI 01 INDRALAYA SELATAN
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kelincahan dan keseimbangan terhadap keterampilan menggiring bola. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 80 peserta ektrakurikuler sepak bola di SMA Negeri 01 Indralaya Selatan. Sampel penelitian ini diambil dari seluruh populasi maka jenis penelitian ini adalah penelitian populasi, jadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yang berjumlah 80. Instrumen tes yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kelincahan (shuttle run test), tes keseimbangan (modifikasi bass test), dan tes kemampuan menggiring bola. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Data dikatakan normal, apabila Km terletak antara -1 sampai +1 (1 <km<+ 1) . Hal tersebut berarti bahwa hasil tes kelincahan, tes keseimbangan, dan tes menggiring bola peserta ekstrakurikuler kurang dari .J dan tidak lebih dari + I yang diperoleh dari uji normalitas kelincahan km = 0,002, keseimbangan = -0,01 I, keterampilan menggiring bola = 0,o38 dan data berdistribusi linier yang diperoleh dari uji linieritas. Koefisien korelasi kelincahan dengan keterampilan menggiring bola adalah r = 40 atau 40%, ini berarti koefisien korelasi berada ditingkat sedang, koefisien korelasi keseimbangan dengan keterampilan menggiring bola adalah r = 45 atau 45%, ini berarti koefisien korelasi berada di tingkat sedang, dan koefisien korelasi kelincahan dan keseimbangan dengan keterampilan menggiring bola adalah r = 51 atau 51 % termasuk dalam koefisien korelasi tingkat sedang. Temuan hasil penelitian terdapat hubungan korelasi tingkat sedang yaitu 51 % antara kelincahan dan keseimbangan dengan keterampilan menggiring bola lmplikasi dari penelitian ini bahwa komponen fisik kelincahan dan keseimbangan berhubungan dengan keterampilan menggiring bola.