Daftar Isi:
  • Telah berhasil dikembangkan media pembelajaran fisika menggunakan Lecture Maker pada materi pokok suhu, kalor dan perpindahan kalor untuk peserta didik SMA Kelas XI yang sangat valid dan sangat praktis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Rowntree, terdiri dari tiga tahap, yaitu perencanaan, pengembangan dan evaluasi dengan menggunakan teknik evaluasi Tessmer yang terdiri dari self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, dan small group evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli, angket dan observasi. Berdasarkan hasil expert review dari dua aspek penilaian diperoleh rerata total penilaian validasi multimedia dari ketiga ahli sebesar 88,50%. Hal ini bermakna bahwa rerata skor penilaian kedua spek tersebut termasuk dalam kategori sangat valid. Berdasarkan hasil one-to-one evaluation diperoleh rerata skor penilaian keseluruhan sebesar 81,50% dengan kategori sangat praktis. Pada tahap small group evaluation diperoleh rerata skor penilaian keseluruhan sebesar 88% dengan kategori sangat praktis. Hasil data ini menunjukkan media pembelajaran yang dikembangkan sudah tergolong valid dan praktis sehingga diperoleh kesimpulan bahwa media pembelajaran fisika menggunakan Lecture Maker yang dikembangkan peneliti layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran fisika ditingkat SMA.