Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata pelajaran Sejarah di Kelas X SMA Negeri 3 Tanjung Raja”. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) apakahada pengaruh model pembelajaran insideoutside circle terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah di kelas X SMA Negeri 3 Tanjung Raja, (2) apakah tidak ada pengaruh model pembelajaran inside outside circle terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah di kelas X SMA Negeri 3 Tanjung Raja. Pada penelitian ini hanya menggunakan satu sampel yaitu kelas X.IPS 1 yang berjumlah 37 peserta didik yang diperoleh menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi. Statistik yang digunakan untuk menganalisis data dalam membuktikan hipotesis adalah uji regresi sederhana, jika Fhitung≥ Ftabel, maka tolak Ho artinya data berpola linier dan jika〖 F〗_(linier (hitung)) ≤ F_tabelmaka tolak Ha artinya tidak linier dengan taraf signifikan (α)= 0,05. Ternyata Fhitung ≤ Ftabel atau 0,02 ≤ 4,12, maka data berpola tidak linier. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini tidak dapat diterima kebenarannya, karena tidak terdapat pengaruh model pembelajaran inside outside circle terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah di kelas X SMA Negeri 3 Tanjung Raja.