GAYA HIDUP HEDONISME KOMUNITAS MOBIL WHITE CAR COMMUNITY (WCC) KOTA PALEMBANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses terbentuknya gaya hidup hedonisme komunitas mobil White Car Community kota Palembang dan untuk memahami bentuk gaya hidup hedonisme komunitas mobil White Car Community kota Palembang. Metode ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teori yang digunakan untuk menganalisis permasalahan penelitian ini adalah teori Looking Glass dari Charles Horton Cooley, yang menjelaskan bahwa seorang bertindak berdasarkan penilaian atau persepsi orang lain. Dari penelitian ini diketahui bahwa proses terbentuknya gaya hidup hedonisme yakni kesamaan hobi, adanya perkembangan proses sosialisasi, kebutuhan untuk menerima penghargaan dari lingkungannya dan meniru tindakan teman di dalam kelompoknya. Gaya hidup hedonisme yang dilakukan oleh komunitas White Car Community yakni dengan menggunakan barang-barang mahal untuk menunjang status dan gaya hidup mereka. Bentuk gaya hidup hedonisme yang dilakukan adalah a) nongkrong hanya untuk kesenangan; b) membeli barang mahal hanya untuk bersaing dalam hal penampilan; c) modifikasi mobil untuk menunjang rasa percaya diri; d) membuat acara hanya untuk kesenangan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses terbentuknya gaya hidup hedonisme komunitas mobil White Car Community kota Palembang dan untuk memahami bentuk gaya hidup hedonisme komunitas mobil White Car Community kota Palembang. Metode ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teori yang digunakan untuk menganalisis permasalahan penelitian ini adalah teori Looking Glass dari Charles Horton Cooley, yang menjelaskan bahwa seorang bertindak berdasarkan penilaian atau persepsi orang lain. Dari penelitian ini diketahui bahwa proses terbentuknya gaya hidup hedonisme yakni kesamaan hobi, adanya perkembangan proses sosialisasi, kebutuhan untuk menerima penghargaan dari lingkungannya dan meniru tindakan teman di dalam kelompoknya. Gaya hidup hedonisme yang dilakukan oleh komunitas White Car Community yakni dengan menggunakan barang-barang mahal untuk menunjang status dan gaya hidup mereka. Bentuk gaya hidup hedonisme yang dilakukan adalah a) nongkrong hanya untuk kesenangan; b) membeli barang mahal hanya untuk bersaing dalam hal penampilan; c) modifikasi mobil untuk menunjang rasa percaya diri; d) membuat acara hanya untuk kesenangan.