Daftar Isi:
  • PT. Kaltim Prima Coal (PT. KPC) merupakan salah satu perusahaan tambang terbesar di Indonesia yang bergerak dalam bidang penambangan batubara. Penelitian ini dilakukan di jalan angkut pada Pit Inul Lignit, kondisi jalan angkut pada Pit Inul Lignit saat ini yaitu berundulasi, cross slope tidak terbentuk, dan terjadi penurunan. Usaha yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan perawatan jalan mengunakan overburden dari Pit Inul East (Standar sub-base jalan angkut PT. Kaltim prima Coal). Tetapi, usaha tersebut mengakibatkan hilangnya waktu produksi yang seharusnya digunakan untuk mengangkut material di Pit Inul Lignit. Penelitian ini dilakukan dengan mengolah data dari hasil uji insitu dan hasil uji laboratorium. Pengujian insitu yang dilakukan langsung di lapangan adalah uji dynamic cone penetrometer (DCP). Sedangkan pengujian yang dilakukan di laboratorium dilakukan di Laboratirum Mekanika Tanah dan Batuan PT. Kaltim Prima Coal meliputi pengukuran berat jenis dan uji geser langsung (Direct shear test). Faktor keamanan tanpa perkuatan geotekstil yang dihasilkan dari software Phase2 v. 8.0 dengan beban CAT 789 adalah 1.01. Angka ini dibawah dari nilai faktor keamanan yang ditetapkan oleh PT. Kaltim Prima Coal (FK ≥ 1.2) dengan displacement aktual sebesar 8 meter. Oleh karena itu, jalan angkut pada Pit Inul Lignit membutuhkan perkuatan untuk meningkatkan stabilitasnya. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan stabilitas adalah dengan menggunakan geotekstil. Faktor keamanan yang dihasilkan perkuatan geotekstil dengan modulus tarik 55 kN/m adalah 1,4 dan mampu mengurangi displacement sebesar 3 meter. Selain meningkatkan stabilitas jalan angkut, penggunaan geotekstil juga mampu meningkatkan kecepatan alat angkut CAT 785. Secara teoritis, penggunaan geotekstil mampu meningkat presentase kecepatan alat angkut CAT 785 sebesar 39,59%. Dampak dari pengurangan displacement ini mengakibatkan berkurangnya overburden Pit Inul East yang dibutuhkan untuk perawatan jalan angkut. Jumlah backfilling untuk perawatan jalan dengan CAT 785 saat ini adalah 24 kali dalam 1 hari, dengan penggunaan geotekstil mampu mengurangi jumlah backfilling menjadi 3 kali dalam 1 hari.