ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA JEJARING SOSIAL MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE
Main Authors: | Fachrurrozi, Muhammad, Yusliani, Novi |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unsri.ac.id/8307/1/Paper_KNSI_2015.pdf http://repository.unsri.ac.id/8307/ |
Daftar Isi:
- Jejaring sosial membantu pengguna Internet dalam berkomunikasi. Hal ini dikarenakan pengguna jejaring sosial dapat menyampaikan pesan dengan memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh setiap jejaring sosial. Pesan yang akan disampaikan melalui jejaring sosial dapat di-post melalui antarmuka situs web jejaring sosial, pesan singkat (SMS), atau melalui berbagai aplikasi untuk perangkat seluler. Pesan-pesan para pengguna jejaring sosial dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal, seperti melakukan review terhadap suatu produk atau melakukan review terhadap suatu masalah baik politik maupun masalah sosial terkini. Hal ini dapat dilakukan dengan menganalisis sentimen para pengguna yang disampaikan melalui pesan-pesan dalam situs jejaring sosial. Metode Support Vector Machine merupakan salah satu metode yang dapat dimanfaatkan untuk menganalisis sentimen. Analisis sentimen dengan menggunakan metode Support Vector Machine dilakukan dengan cara mengklasifikasikan sentimen ke dalam kelas positif atau kelas negatif. Tingkat akurasi sistem analisis sentimen pengguna jejaring sosial dengan menggunakan metode Support Vector Machine adalah 81 % atau sebanyak 243 kicauan yang terkelompok secara tepat dari jumlah keseluruhan kicauan sebanyak 300 kicauan.