Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh dari penerapan model pem-belajaran contextual teaching and learning terhadap pemahaman konsep ekonomi peserta didik di SMA Negeri 3 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan desain penelitian yaitu quasi experimental design dengan bentuk post test only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Palembang pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengambil sampel dalam penelitian ini meng-gunakan cluster random sampling yaitu dengan cara diundi sehingga diperoleh kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Teknik analisis data dari pemahaman konsep ekonomi peserta didik diperoleh hasil dari post test dan dikelompokkan dalam kategori Ktiteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan analisis data observasi diperoleh dari hasil observasi observer pada saat pembelajaran berlangsung. Hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu korelasi pearson product moment diperoleh sebesar 0,991 yaitu bernilai sangat kuat, besar pengaruh variabel X terhadap variabel Y dengan rumus koefisien determinan sebesar 98,4% dan hasil uji-t (polled varian) yaitu thitung (15,09) > ttabel (1,674) maka hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap pemahaman konsep ekonomi peserta didik di SMA Negeri 3 Palembang. Disarankan guru memperbanyak pertanyaan ketika proses diskusi kelompok.