Daftar Isi:
  • Penelitian ini untuk membuktikan Pengaruh Metode Diskusi Kelompok Tipe Buzz Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ekonomi di SMA N 3 Tanjung Raja. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang menggunakan desain pre-experimental design dengan bentuk one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IS di SMA N 3 Tanjung Raja. Sampel penelitian menggunakan cluster random sampling, sehingga terpilih kelas X IIS 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu t-test, sehingga hasil penelitian diperoleh nilai thitung sebesar 24,39 dimana, thitung > ttabel = 24,39 > 1,213 maka hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh Metode Diskusi Kelompok Tipe Buzz terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ekonomi di SMA N 3 Tanjung Raja. Disarankan pada saat pembagian kelompok jangan di pilih secara random sebaiknya berdasarkan tempat duduk yang sudah ada sehingga peseta didik tidak bertukar tempat duduk agar proses pembelajaran berlangsung dengan baik.