PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS EKSPOSISI PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 INDRALAYA UTARA
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan ada tidaknya pengaruh model Treffinger terhadap kemampuan memahami teks eksposisi peserta didik kelas X SMAN 1 Indralaya Utara. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan teknik pemilihan sampel purposive sampling. Didapatlah kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Masingmasing kelas berjumlah 29 peserta didik. Kelas eksperimen adalah kelas yang diberi perlakuan model Treffinger sedangkan kelas kontrol menggunakan model konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan program SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil tes kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata tes awal 69,79 sedangkan kelas kontrol 66,28. Kemudian kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata tes akhir 75,72 sedangkan kelas kontrol 69,59. Dari hasil perhitungan uji-t membuktikan bahwa thitung > ttabel= 2.960 > 2.003 dengan Df 56 pada tingkat signifikansi 95% (α= 0,025). Hal ini menunjukkan kemampuan memahami teks eksposisi peserta didik kelas X SMAN 1 Indralaya Utara pada kelas eksperimen terdapat pengaruh yang signifikan. Oleh karena itu, model Treffinger berpengaruh dalam pembelajaran memahami teks eksposisi peserta didik kelas X SMAN 1 Indralaya Utara.