Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran Write Around terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran ekonomi Kelas X di SMA Negeri 14 Palembang. Populasi adalah seluruh kelas X IPS di SMA Negeri 14 Palembang yang berjumlah Empat kelas. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling, sehingga didapat kelas X IPS 1 dengan jumlah peserta didik sebanyak 32 peserta didik. Adapun Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dan observasi. Berdasarkan hasil data penelitian diperoleh besarnya kontribusi model pembelajaran Write Around pada keterampilan berpikir kritis begitu kuat yang didapatkan berdasarkan KP = 61,6100%. Didukung pula hasil t-test sehingga diperoleh thitung > ttabel atau 37,402 > 1,670 maka Ho yang menyatakan tidak ada pengaruh model pembelajaran Write Around terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik di SMA Negeri 14 Palembang ditolak, dan Ha yang menyatakan ada pengaruh model pembelajaran Write Around terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik di SMA Negeri 14 Palembang diterima. Dengan demikian berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Write Around terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 14 palembang