Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Inquiry Jurisprudential terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X IIS 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 29 orang dengan perlakuan strategi pembelajaran Inquiry Jurisprudential dan X IIS 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 29 orang dengan perlakuan strategi pembelajaran konvensional yang biasa digunakan oleh guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 61,86 meningkat menjadi 87,44. Nilai rata-rata tes awal kelas kontrol 52,10 meningkat menjadi 64,68. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hasil perhitungan *dengan uji t menunjukkan nilai thitung>ttabel = 10,329 > 2,004 dengan df = 55 pada tingkat keberhasilan 95% (α= 0,025) karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak. Dengan demikian, Ha yang menyatakan “Ada perbedaan kemampuan menulis teks eksposisi antara siswa yang diajar menggunakan strategi Inquiry Jurisprudential dengan siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran konvensional” dapat diterima. Dengan diterimanya Ha, maka dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Inquiry Jurisprudential berpengaruh dalam pembelajaran menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Indralaya Utara.