PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 5 PALEMBANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Palembang. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan cluster random sampling, sehingga terpilih kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 peserta didik dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data melalui uji hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu regresi sederhana, korelasi product moment, koefisien diterminan dan uji-t dan diperoleh thitung = 35,11 > ttabel =1,66 maka hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Palembang. Saran peneliti dalam menerapkan model pembelajaran problem based learning harus mampu menjelaskan langkah-langkah dari model pembelajaran problem based learning.