Daftar Isi:
  • Penelitan ini berjudul penerapan metode satu bulan bisa baca pada anak kelompok B Di Tk Islam Al Ittifaqiah Indralaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran membaca di Kelompok B Tk Islam Al Ittifaqiah Indralaya. Fokus penelitiannya meliputi perencanaan, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi hasil belajar membaca. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif. Subjek penelitian meliputi dua guru kelas, kepala sekolah, dan siswa kelas B dengan rentang usia 5-6 tahun yang berjumlah dua puluh anak. Objek penelitian yakni cara guru menyusun perencanaan, kegiatan pembelajaran membaca dan cara guru melakukan evaluasi hasil belajar membaca. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan; (1) perencanaan yang dilakukan guru dalam pembelajaran di Tk Islam Al Ittifaqiah Indralaya menggunakan kurikulum KTSP. Guru tidak memasukkan kegiatan pembelajaran membaca dalam kegiatan rencana harian karena kegiatan pembelajaran membaca dilakukan secara implisit di akhir kegiatan belajar, (2) pelaksanaan kegiatan pembelajaran membaca di Kelompok B Tk Islam Al Ittifaqiah Indralaya dilaksanakan tiga kali dalam seminggu pada hari Senin ,Rabu dan Kamis menggunakan media yakni buku SB3 yang terdiri dari lima jilid dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Anak satu persatu belajar membaca dibimbing oleh guru kelas sesuai dengan jilid yang dicapai anak. Guru dan anak duduk saling berhadapan dalam kegiatan pembelajaran membaca. Selama membaca, guru menyimak dan memberikan penguatan dalam bentuk membaca ulang jika anak membaca suku kata dengan bunyi yang tidak benar, (3) Guru dalam tahap evaluasi memberikan keterangan dalam bentuk tulisan “lanjut” dan “ulangi” setelah anak selesai membaca buku SB3.