PENGARUH MODEL VEE MAP TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 INDRALAYA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Vee Map terhadap kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 1 Indralaya. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII.7 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa dengan perlakuan model Vee Map, dan kelas VII.6 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 siswa dengan perlakuan model konvensional yang biasa digunakan oleh guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik pengolahan data menggunakan uji-t dengan program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 56,19 meningkat sebesar 21,81 menjadi 78,00 pada tes akhir. Nilai rata-rata tes awal kelas kontrol 57,34 meningkat sebesar 13,79 menjadi 71,13 pada tes akhir. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hasil perhitungan dengan uji-t menunjukkan nilai thitung>ttabel = 4.231>1.999 dengan df=62 pada tingkat keberhasilan 95% (α=0,025) karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak. Dengan demikian, Ha yang menyatakan “Ada perbedaan kemampuan menulis teks cerpen antara siswa yang diajar menggunakan model Vee Map dengan siswa yang diajar menggunakan model konvensional” dapat diterima. Dengan diterimanya Ha, maka dapat disimpulkan model Vee Map merupakan model yang berpengaruh di dalam pembelajaran menulis teks cerpen pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Indralaya.