UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS III SMA SRIJAYA NEGARA PALEMBANG MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENTS

Main Author: Ermayanti, Ermayanti
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.unsri.ac.id/6962/1/Ermayanti_Jurnal_Wacana_Edukasi_2010.pdf
http://repository.unsri.ac.id/6962/
Daftar Isi:
  • Telah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (Action Research), di kelas III SMA Srijaya Negara Palembang yang berjumlah 44 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Team Games Tournaments. Adapun indikator keberhasilan adalah ketuntasan hasil belajar siswa. Penelitian ini dianggap berhasil meningkatkan hasil belajar siswa jika 85% siswa mendapatkan nilai di atas 65. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah diberikan tindakan. Pada siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 65,91%. Pada siklus II jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar meningkat menjadi 97,73%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Team games Tournaments dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas III SMA Srijaya Negara palembang.