Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar kognitif peserta didik menggunakan strategi pembelajaran Question Student Have (QSH) dengan metode diskusi pada materi keanekaragaman hayati di SMA. Penelitian ini menggunakan desain Pre-experimental dalam bentuk one group pretest-posttest design. Pengambilan data hasil belajar kognitif dilakukan di kelas X IPA SMA N 2 Indralaya Utara. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan soal esai. Peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik dapat dilihat dari selisih nilai rata-rata tes awal yaitu sebesar 40,5 dan tes akhir yaitu sebesar 71,6, gain 31,0 dan n-gain 0,5 dengan kategori sedang. Analisis uji hipotesis dengan menggunakan aplikasi SPSS diperoleh nilai thitung sebesar 15,36 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 5 % dengan df sebesar 29 adalah 2,04. Hasil tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 15,36 > 2,04, sehingga Ho ditolak Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Question Student Have (QSH) dengan metode diskusi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi keanekaragaman hayati di SMA.