Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia pada Pokok Bahasan Stoikiometri Mata Kuliah Kimia Dasar I
Main Author: | Desi, Desi |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Desi
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unsri.ac.id/6859/1/Artikel-Desi-3.pdf http://repository.unsri.ac.id/6859/2/Miskonsepsi_IMAGE0077.PDF http://repository.unsri.ac.id/6859/ |
Daftar Isi:
- Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi mahasiswa pada topik stoikiometri pada mata kuliah Kimia Dasar I. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 38 orang mahasiswa semester I program studi pendidikan kimia kampus Indralaya. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes miskonsepsi berupa tes pilihan ganda disertai pilihan alasan. Hasil penelitian menunjukkan miskonsepsi terjadi pada topik materi dan perubahannya, unsur, senyawa, dan campuran, persamaan reaksi, hukum-hukum dasar kimia, dan konsep mol dengan persentase masing-masing 28,95%, 13,16%, 48,68%, 55,70% dan 51,64%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini, diharapkan dapat menentukan model pembelajaran yang tepat yang bisa mengurangi miskonsepsi pada pokok bahasan stoikiometri.