Daftar Isi:
  • Pengembangan modul pada mata kuliah elektronika dasar berbasis proyek pada pokok bahasan sistem kontrol telah berhasil dikembangkan di Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijaya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan modul pengembangan Rowntree, yang terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan, tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi, menggunakan teknik evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari 5 tahap, yaitu self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, small group evaluation, dan field test. Pada pengembangan ini, tahap evaluasi hanya sampai pada tahap small group evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli dan angket tanggapan mahasiswa. Berdasarkan hasil expert review diperoleh rata-rata hasil nilai validitas sebesar 90,89% dengan kategori sangat valid. Pada tahap one-to-one evaluation didapatkan rata-rata hasil penilaian angket tanggapan mahasiswa terhadap penggunaan modul ini, sebesar 91,42% dengan kategori sangat praktis. Pada tahap uji coba small group evaluation, rata-rata hasil penilaian angket tanggapan mahasiswa terhadap penggunaan modul ini sebesar 91,11% dengan kategori sangat praktis. Hasil data tersebut menunjukkan modul yang dikembangkan sudah tergolong valid dan praktis, sehingga layak digunakan sebagi modul tambahan pada mata kuliah lektronika dasar di Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijaya.