PENGARUH STRATEGI TPRC (THINK, PREDICT, READ, CONNECT) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 INDRALAYA UTARA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi TPRC (Think, Predict, Read, Connect) terhadap kemampuan membaca teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Indralaya Utara.Metode penelitian yang digunakan adalah strategi eksperimen semu. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa dengan perlakuan strategi TPRC dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa dengan perlakuan strategi konvensional yang biasa digunakan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t melalui SPSS 20.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes kelas eksprimen dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata awal kelas eksperimen 67,53 meningkat sebesar 18,54 menjadi 86,07 pada tes akhir. Nilai rata-rata tes awal kelas kontrol 66,27 meningkat sebesar 9,86 menjadi 76,13 pada tes akhir. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol.Hasil perhitungan dengan uji-t menunjukkan nilai thitung>ttabel = 5,720 > 1,296 dengan df = 58 pada tingkat keberhasilan 95% ( =0,025) karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak. Dengan demikian, Ha yang menyatakan“Ada perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang belajar menggunakan strategi TPRC (think, predict, read, connect) dengan siswa yang belajar menggunakan strategi konvensional. (μ1 ≠ μ1)” diterima. Dengan diterimanya Ha, maka dapat disimpulkan bahwa strategi TPRCberpengaruh dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Indralaya Utara.