Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh strategi Spider Concept Map terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 11 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IIA 4 yang berjumlah 37 siswa sebagai kelas eksperimen dan XI IIA 3 berjumlah 37 siswa sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen merupakan kelas yang diberi perlakuan menggunakan strategi spider concept map sedangkan kelas kontrol merupakan kelas yang diberi perlakuan dengan strategi discovery. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes tertulis dan teknik pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal menulis teks cerita pendek kelas eksperimen 58,30 dan kelas kontrol 55,51. Sementara nilai rata-rata tes akhir kelas eksperimen 80,76 dan kelas kontrol 72,43. Hasil perhitungan uji-t membuktikan bahwa thitung > ttabel = 5,217 > 1,993 dengan df = 72 pada tingkat signifikansi 95% (α = 0,025). Dengan demikian, Ha yang berbunyi “Ada perbedaan siswa yang diajarkan dengan strategi spider concept map terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 11 Palembang” diterima. Maka dapat disimpulkan strategi Spider Concept Map lebih berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 11 Palembang.