Daftar Isi:
  • Thin walled Ti-6AL-4V adalah komponen yang sering digunakan pada industri dirgantara dikarenakan beban yang ringan, memiliki kekuatan spesifik yang baik, kemampuan anti korosi yang baik, kemampuan anti retak yang baik, dan tingkat konduktifitas thermal yang sangat rendah sehingga menjadi komponen yang sangat tepat untuk kebutuhan pesawat terbang. namun, ada beberapa masalah dalam melakukan proses pemesinan thin walled Ti-6Al-4V karena menggunakan material titanium alloy (Ti-6Al-4V) yang memiliki mampu mesin (Machinability) yang buruk disebabkan konduktifitas material tersebut rendah yang kemudian dibentuk menjadi komponen thin wall dimana struktur dari komponen tersebut memiliki rasio height to depth 15:1 dengan ketebalan dinding 3-5mm sangat tipis sehingga adanya defleksi pada saat proses pemesinan komponen tersebut dapat dipastikan terjadi dan hal tersebut masih menjadi masalah umum pada bidang manufaktur. Maka, pada penelitian ini akan menghitung defleksi yang terjadi pada proses pemesinan thin walled Ti-6Al-4V menggunakan simulasi FEM dengan metode pemesinan freis dan bantuan software Advantedge dimana parameter yang digunakan telah ditentukan pada ekpserimen yang sudah dilakukan sebelumnya, penelitian ini dapat mengurangi adanya trial dan error pada eksperimen sehingga dapat mengurangi biaya eksperimen. setelah dilakukan simulasi Nilai defleksi yang didapat dengan menggunakan simulasi software AdvantEdge berbanding jauh dengan hasil eksperimen yang sudah dilakukan.