PENGEMBANGAN INSTRUMEN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN EKSPERIMEN BERPIKIR PADA MATERI OPTIK
Daftar Isi:
- Pengembangan instrumen untuk mengukur kemampuan eksperimen berpikir siswa pada materi optik yang valid dan reliabel telah dilakukan dan diujicobakan di SMA N 5 Palembang. Jenis pengembangan ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i SMA N 5 Palembang. Pada tahap define dilakukan 4 langkah diantaranya analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis materi, dan perumusan tujuan. Kemudian pada tahap design dilakukan 2 langkah diantaranya adalah mengkontruksi tes beracuan kriteria dan desain awal. Pada tahap ketiga yakni development dilakukan penilaian ahli dan uji pengembangan. Selanjutnya yang terakhir adalah tahap disseminate yaitu penyebaran dilakukan 2 langkah diantaranya pengujian validitas dan pengemasan. Pada tahap penilaian ahli dari segi isi, konstruk dan bahasanya, yang menjadi validator ialah 2 orang dosen di Universitas Sriwijaya. Hasilnya adalah bahwa instrumen sudah layak digunakan. Uji pengembangan dilakukan untuk melihat reliabilitasnya. Hasil reliabilitasnya adalah sebesar 0,767 termasuk dalam kategori tinggi. Pada tahap selanjutnya dilakukan kembali uji reliabilitas dengan sampel yang samaa dari sebelumnya. Hasilnya adalah bahwa reliabilitasnya sebesar 0,739 juga termasuk dalam kategori tinggi.