PENGARUH METODE THE COGNITIVE ACADEMIC LANGUAGE LEARNING APPROACH (CALLA) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KAYUAGUNG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode CALLA terhadap kemampuan memahami teks biografi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kayuagung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 39 siswa dengan menggunakan metode pembelajaran CALLA dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 39 siswa dengan menggunakan metode pembelajaran discovery yang biasa digunakan oleh guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 67,54 meningkat sebesar 13,23 menjadi 80,77 pada tes akhir. Nilai rata-rata tes awal kelas kontrol adalah 65,49 meningkat sebesar 11,33 menjadi 76,82 pada tes akhir. Dari hasil penelitian menujukkan peningkatan pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hasil perhitungan dengan uji-t menunjukkan nilai thitung > ttabel = 2,926 > 1,992 dengan df = 76 pada tingkat keberhasilan 95% ( = 0,05). Karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak. Dengan demikian, Ha yang menyatakan “Ada perbedaan kemampuan memahami teks biografi antara siswa yang diajar menggunakan metode CALLA dengan siswa yang diajar menggunakan metode discovery”, dapat diterima. Dengan diterimanya Ha, maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran CALLA berpengaruh terhadap kemampuan memahami teks biografi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kayuagung.