PEMANFAATAN MODEL GAYA BELAJAR DUNN DAN DUNN UNTUK MENGANALISIS GAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI RENDAH DI SMA NEGERI 11 PALEMBANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar siswa SMA Negeri 11 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X, XI, dan XII. Penarikan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling sehingga didapat 100 siswa dengan kriteria nilai tiga terendah dibawah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan metode pengukuran model skala likert yang berjumlah 37 item. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar siswa SMA Negeri 11 cenderung dominan pada gaya belajar lingkungan sebanyak 85 siswa, emosional sebanyak 13 siswa, psikologis 2 siswa, sedangkan sosiologis dan fisiologis tidak ada. Hal ini menunjukkan bahwa gaya belajar siswa cenderung dominan pada lingkungan karena dimiliki 85 siswa. Berdasarkan hal tersebut diharapkan sebagai seorang guru, seharusnya dapat memperhatikan gaya belajar siswa-siswanya agar tidak hanya menerima cara pembelajaran yang tertentu saja. Karena lingkungan, emosional, sosiologis, fisiologis dan psikologis siswa yang berbeda akan menghasilkan gaya belajar individu yang berbeda pula.