Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi operasi penjumlahan pecahan campuran menggunakan pendekatan PMRI dan LSLC. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII. B SMP Srijaya Negara yang berjumlah 33 orang. Proses pembelajaran berlangsung disesuaikan dengan prinsip dan karakteristik PMRI dengan LSLC. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah share task, jumping task, tes, observasi dan wawancara yang dibutuhkan untuk memperoleh data pendukung. Adapun data yang diambil dilakukan guna untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa pada siswa saat mengerjakan soal. Observasi dilakukan untuk dapat melihat kegiatan siswa saat proses pembelajaran berlangsung. Kemudian wawancara digunakan untuk mengkonfirmasi jawaban siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh gambaran kemampuan komunikasi matematis siswa materi operasi penjumlahan pecahan campuran menggunakan pendekatan PMRI dan LSLC diperoleh bahwa indikator pertama dan kedua merupakan indikator yang paling sering muncul.