Daftar Isi:
  • Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui efektivitas multimedia interaktif gerak parabola berbasis permainan tradisional dalam meningkatkan hasil belajar fisika siswa SMA. Penelitian menggunakan metode quasi experimental dengan desain penelitian nonequivalent control group yang dilaksanakan di salah satu SMA Negeri di Palembang. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling terdiri dari 60 siswa kelas X SMA. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan tes dalam bentuk pilihan ganda. Didapatkan rata-rata pretest kelas eksperimen 16,67 dan kelas kontrol 22,30. Setelah treatment, rata-rata posttest kelas eksperimen 71,67 dan kelas kontrol 57,00. Hasil uji-t didapatkan . Berdasarkan analisis N-gain, didapatkan N-gain kelas eksperimen 0,66 dengan kategori sedang dan N-gain kelas kontrol 0,43 dengan kategori sedang. Hasil ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif materi gerak parabola berbasis permainan tradisional efektif dalam meningkatkan hasil belajar fisika siswa SMA.