Daftar Isi:
  • Dalam hal pembuatan mobil hemat energi kelas protoype, casis memegang peranan penting dimana chassis merupakan tempat untuk meletakkan berbagai kelengkapan kendaraan seperti komponen mesin sebagai penggerak, sistem kemudi, dan pengendara itu sendiri, serta berbagai hal menyangkut kenyamanan pengendara. Casis yang di butuhkan adalah casis yang kuat dan aman guna menahan pembebanan yang diberikan. Sebelumnya, Tim Sriwijaya Eco telah memanufaktur chassis dengan menggunakan material aluminium. Pada penelitian ini, material sebelumnya diganti dengan material komposit (CFRP) guna menurunkan berat casis sementara tetap mempertahankan kekuatan dan kemanannya. Proses pengembangan desain dan simulasi analisis tegangan statis model chassis dilakukan menggunakan software Autodesk Inventor Professional 2018. Proses pengembangan desain monocoque meliputi pemilihan bentuk serta ukuran dari monocoque mobil hemat energi yang akan dirancang. Proses desain ini akan diwujudkan dengan menggunakan bantuan perangkat lunak Autodesk Inventor Professional 2018. Pada awal penegmbangan desain, model yang dibuat adalah model awal dengan 5 variasi ketebalan. Setelah dilakukan permodalan desain awal, dilanjutkan dengan proses simulasi desain berdasarkan pembebanan dengan kondisi batas yang telah ditentukan dengan menggunakan perangkat lunak Autodesk Inventor 2018. Proses simulasi ini menghasilkan output simulasi, yaitu tegangan von-mises maksimum, diplacement maksimum, dan faktor keamanan minimum. Output simulasi model awal inilah yang di jadikan rujukan dalam melakukan proses optimasi model awal, dimana perubahan yang dilakukan ialah pengurangan ketebalan di beberapa sisi monocoque serta penambahan ketebalan monocoque di bagian bawah monocoque. Setelah dilakukan proses optimasi di beberapa bagian monocoque, didapatkanlah model monocoque hasil optimasi dimana model ini dijadikan sebagai model final.