Daftar Isi:
  • Rangka merupakan salah satu bagian paling penting pada suatu kendaraan dimana tempat menopangnya seluruh bagian pada kendaraan seperti penumpang dan mesin kendaraan itu sendiri. Rangka yang diinginkan adalah memiliki kekuatan yang baik dan massa yang ringan. Agar mendapatkan kekuatan dan massa yang baik, maka dapat dilakukan proses optimasi pada desain rangka tersebut dan melakukan simulasi tegangan statik berbasis rnetode elemen hingga pada desain rangka kendaraan, sehingga mendapatkan nilai batas tegangan maksimum, defleksi, faktor keamanan, dan massa. Faktor keamanan yang diambil pada penelitian ini adalah 4, agar tidak terjadi kegagalan pada saat pemakaian pada desain rangka tersebut. Dengan membandingkan nilai yang dihasilkan dari simulasi, maka akan didapatkan massa rangka yang paling efisien, dimana pada penelitian ini dilakukan pada rangka mobil urban. Mobil urban ini pada desain awalnya rnerniliki profil batang persegi panj ang berturut-turut panj ang X lebar X tebal sebesar 100mm x 25mm X lmm. Dengan nilai profil batang tersebut maka dilakukan proses optimasi sebanyak tiga kali dengan pengurangan panjang pada profil batang menjadi 85mm, 70mm, dan 55mm. Dari hasil simulasi tegangan statik pada desain rangka awal dan yang telah dioptimasi, desain awal memiliki batas tegangan maksimum, defleksi, faktor keamanan, dan massa bertirut-turut sebesar 25,68MPa, 0,45m1n, 5,6, dan 7,52kg. Optimasi 1 didapatkan hasil yaitu, 2l,74MPa, O,59mrn, 6,6, dan 6,94kg. Optimasi 2 didapatkan hasil yaitu, 26,92MPa, 0,86m1n, 5,3, dan 6,36kg. Optimasi 3 didapatkan hasil yaitu, 36,55MPa, 1,34mm, 3,96, dan 5,77kg. Dari hasil simulasi ini, maka dapat disimpulkan bahwa desain profil batang pada ranga mobil urban yang paling efisien adalah pada optimasi 1, karena rnemiliki massa yang lebih ringan dan faktor keamanan yang besar.