PENGARUH STRATEGI PREDICT, LOCATE, ADD, NOTE TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 INDRALAYA SELATAN KABUPATEN OGAN ILIR
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh strategi Predict, Locate, Add, Note (PLAN) terhadap kemampuan memahami teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X IIS.1 dan kelas X IIS.2 yang berjumlah 27 siswa, kelas eksperimen dengan perlakuan menggunakan strategi PLAN dan kelas kontrol dengan perlakuan menggunakan strategi discovery. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, sedangkan teknik pengolahan data menggunakan uji-t dengan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen sebesar 56,11 dan nilai tes akhir sebesar 83,18 sedangkan hasil tes awal kelas kontrol sebesar 51,77 dan nilai tes akhir sebesar 71,55. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 27,08 pada kelas eksperimen dan peningkatan sebesar 19,78 pada kelas kontrol. Hasil analisis data menggunakan uji-t menunjukkan bahwa thitung (4,561) > ttabel (1,675) dengan df = 52 pada tingkat signifikan 95% (α=0,05). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan memahami teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir. Dengan demikian, Ha berbunyi “Ada perbedaan antara kemampuan siswa yang diajar dengan strategi PLAN dan siswa yang diajar dengan menggunakan strategi discovery dalam pembelajaran memahami teks eksposisi (μ1≠μ2)” diterima. Dapat disimpulkan bahwa strategi PLAN berpengaruh terhadap kemampuan memahami teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir.