PENGARUH PENERAPAN MODEL SUGESTI IMAJINATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS VIISMP NEGERI 33 PALEMBANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Sugesti Imajinatif terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 33 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode experimental. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VII.6 berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan model Sugesti Imajinatif dan kelas VII.7 yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, sedangkan teknik pengolahan data yang digunakan adalah perhitungan uji-t menggunakan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 48,58 meningkat menjadi 80,06 pada postest. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 31,48%. Nilai rata-rata pretest kelas kontrol 48,77 meningkat menjadi 72,13 pada postest. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 23,36%. Hasil analisis data dengan uji-t menunjukkan bahwa t hitung> ttabel atau 5,307>2,000 dengan df=60 pada tingkat signifikansi 95% (a=0,25). Dengan demikian Ha yang berbunyi "Ada perbedaan kemampuan menulis karangan narasi pada siswa yang diajarkan dengan model Sugesti Imajinatif dan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional‖ diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model Sugesti Imajinatif lebih berpengaruh dari pada menggunakan model konvensional terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 33 Palembang.