Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada materi sifat bangun datar di siswa SD N 11 Indralaya melalui media belajar powerpoint. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 di SD N 11 Indralaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan dan pertemuan ketiga merupakan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara dan tes. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil observasi dan wawancara serta deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 11 Indralaya dengan jumlah 23 siswa.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media belajar powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD N 11 Indralaya materi sifat bangun datar. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan oleh peningkatan jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan peningkatan nilai rata-rata tes. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada siklus I sebesar 43,47%, siklus II sebesar 52,17%, dan siklus III sebesar 86,95% mencapai KKM. Sedangkan nilai rata-rata siklus 61,52 , siklus II 70,21, dan pada siklus III 80,43.