PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DENGAN EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN DI KELAS XI TKR SMK NEGERI 2 PALEMBANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan metode demonstrasi maupun metode eksperimen, untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar sebelum dengan sesudah diberi perlakuan, untuk melihat perbandingan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan masing-masing metode pada mata pelajaran PMKR kompetensi pembersihan sistem pendingin di kelas XI TKR SMKN-2 Palembang. Nilai rata-rata hasil belajar menggunakan metode demonstrasi 76,17, ketuntasan belajar 78%, nilai keaktifan sebesar 71% berkategori aktif. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar menggunakan metode eksperimen 82,25, ketuntasan belajar 81%, nilai keaktifan sebesar 79% berkategori sangat aktif. Pada penelitian ini terdapat perbedaan nilai pretest dan posttest pada kedua kelas. Dari hasil penelitian terdapat perbedaan hasil belajar dengan kedua metode yang dibuktikan dari analisa uji-t menunjukkan =2,156> =2,036 yang menyatakan Ho ditolak. Hasil penelitan menunjukkan metode ekperimen dapat dijadikan metode alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran.