Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil tes berbasis Android dengan paper and pencil test mata pelajaran fisika di SMA Negeri Sumatera Selatan. Metode penelitian ini adalah quasi-experimental design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes yang terdiri dari aplikasi tes berbasis Android dan paper and pencil test yang berisi soal soal Ujian Nasional (UN) Fisika SMA 2016/2017.Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dari analisa data tes berdasarkan nilai kelas XII IPA 2 dengan nilai rata-rata 69,8 dan kelas XII IPA 3 dengan nilai rata-rata 71,8 yang berdistribusi normal dan homogen diperoleh nilai signifikansi hasil uji hipotesis adalah 0,282 > α (0,05). Berdasarkan hasil tersebut maka menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan hasil tes yang signifikan baik dengan menggunakan instrumen penilaian paper and pencil test ataupun dengan menggunakan apliksi tes berbasis Android.