PERBANDINGAN METODE PEMBELAJARAN INTERAKTIF SETTING KOOPERATIF DAN METODE CERAMAH PADA PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK YP GAJAH MADA
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dipilih secara acak. Penelitian dilakukan sebanyak 1 kali pertemuan yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbandingan prestasi belajar siswa yang menggunakan metode PISK dan ceramah dan berapa besar perbedaan prestasi belajar yang didapatkan siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik di SMK YP Gajah Mada. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa yang menggunakan metode PISK rata-rata nilai 80, hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah 72, terdapat perbandingan prestasi belajar siswa antara metode PISK dan metode ceramah. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t untuk thitung yaitu 1.95 lebih besar daripada ttabel yaitu 1.68. dari hasil penelitian menunjukkan metode eksperimen dapat digunakan dalam proses pembelajaran