Daftar Isi:
  • Penelitan ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran pada materi gerak melingkar berbasis permainan tradisional untuk siswa SMA yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi dengan menggunakan teknik evaluasi Tessmer yang terdiri dari self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, dan small group evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli, angket. Berdasarkan hasil expert review dari dua aspek penilaian diperoleh rata-rata penilaian para ahli sebesar 88,92% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil one-to-one evaluation diperoleh rata-rata tanggapan siswa terhadap penggunaan video pembelajaran sebesar 83,75% dengan kriteria praktis dan mengalami peningkatan pada tahap small group evaluation dengan diperoleh rata-rata tanggapan siswa terhadap penggunaan video pembelajaran sebesar 85% dan juga tergolong kriteria praktis. Hasil data ini menunjukkan video pembelajaran yang dikembangkan sudah tergolong sangat valid dan praktis sehingga diperoleh kesimpulan bahwa video pembelajaran fisika pada materi gerak melingkar berbasis permainan tradisional yang dikembangkan peneliti layak untuk digunakan sebagai bahan ajar fisika di tingkat SMA.