PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 PALEMBANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 8 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen semu. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 2 yang berjumlah 36 sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan dengan media audio visual dan kelas IPA 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 siswa diberi perlakuan dengan menggunakan pendekatan saintifik. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik pengolahan data dengan menggunakan perhitungan uji-t dalam program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 58,67 meningkat sebanyak 22.36 menjadi 81.03 pada tes akhir. Nilai rata-rata tes awal kelas kontrol 52.53 meningkat sebanyak 14 menjadi 66.53. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hasil pengujian uji-t yang menunjukkan bahwa thit > ttab atau 12,750> 1,995 dengan df = 68 pada tingkat signifikansi 95% (α = 0,05). karena thitung lebih besar dari ttabelmaka Ho ditolak. Dengan demikian, Ha yang menyatakan “Ada perbedaan kemampuan memahami teks cerita pendek antara siswa yang diajar dengan menggunakan media audio visual dan siswa yang dan siswa yang diajar dengan pendekatan saintifik” dapat diterima. Dengan diterimanya Ha, dapat disimpulkan bahwa media audio visual berpengaruh dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek