PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VIII DI SMPN 2 MUARA PADANG KABUPATEN BANYUASIN
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran portofolio terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VIII di SMPN 2 Muara Padang. Sebelumnya sampel diambil secara purposive sampling terdapat 32 siswa yang dijadikan kelas eksperimen dan 33 siswa dijadikan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari pengaruh penerapan model pembelajaran portofolio terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VIII di SMPN 2 Muara Padang. Hal tersebut terbukti dari hasil analisis statistik dengan uji Independent sample ttest,diperoleh nilai Sig sebesar .000 artinya Signifikansi .000 < .05 dan kesimpulan yang diperoleh adalah Ho ditolak dan Ha diterima. Kemudian dari hasil observasi diperoleh hasil nilai rata-rata observasi motivasi belajar siswa kelas eksperimen 70,62% dengan kategori baik dan lebih besar dari pada nilai rata-rata observasi motivasi belajar kelas kontrol 57,80% dengan kategori cukup baik. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran PPKn yang diajar menggunakan model pembelajaran portofolio lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran berbasis masalah di SMPN 2 Muara Padang Kabupaten Banyuasin