PENGARUH STRATEGI WRITING IN THE HERE AND NOW TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 16 PALEMBANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah strategi Writing in the Here and Now berpengaruh terhadap pembelajaran menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 16 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VII 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan uji-t program SPSS 20. Taraf signifikansi 95% (α = 0.025). Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 66,03 dan kelas kontrol 63,8. Nilai rata-rata tes akhir kelas eksperimen 84,73 dan kelas kontrol 75,93. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 16 Palembang sebesar 8,8. Hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa thitung sebesar 5,915 dan ttabel (df 58 = 1,671) atau thitung (5,915) > ttabel (1,671) pada tingkat signifikansi 95% (α = 0,025). Dengan demikian Ha berbunyi “Ada perbedaan kemampuan menulis teks deskripsi antara siswa yang diajarkan menggunakan strategi Writing in the Here and Now dengan siswa yang diajarkan menggunakan strategi konvensional” diterima. Dengan diterimanya Ha dapat disimpulkan bahwa strategi Writing in the Here and Now dalam pembelajaran menulis teks deskripsi lebih berpengaruh dibandingkan strategi konvensional siswa kelas VII SMP Negeri 16 Palembang.