PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG KELAS V SD NEGERI 23 PALEMBANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media konkret terhadap hasil belajar siswa pada materi sifat – sifat bangun ruang kelas V SD Negeri 23 Palembang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain Pre- Experimental Design dengan jenis rancangan One Group Pretest- Posttest. Sampel penelitian ini terdiri dari satu kelas yaitu kelas VB yang berjumlah 34 siswa. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes tertulis berupa soal pilihan ganda sebanyak 25 butir soal dan lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa. Berdasarkan hasil uji analisis Pretest dan Posttest bahwa data tersebut berdistribusi normal. Setelah hipotesis penelitian diuji dengan uji t diperoleh tHitung 4,82 sedangkan dari tabel distribusi t diperoleh ttabel = 2, 18, sehingga terlihat bahwa thitung > ttabel. Oleh karena itu , HO ditolak dan Ha diterima. Dengandemikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media konkret berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi sifat – sifat bangun ruang kelas V SD Negeri 23 Palembang