Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis dalam menyelesaikan soal PISA konten quantity. Subjek penelitian siswa kelas IX di salah satu SMP di Palembang berjumlah 3 orang. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes dengan lima soal PISA konten quantity dari level 2-5 dan wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, 1). Siswa kemampuan tinggi dapat membuat pernyataan matematis, mengajukan dugaan, melakukan manipulasi, dan menarik kesimpulan. Namun, untuk menyusun bukti atau memberikan alasan terhadap solusi terlihat siswa hanya 40% dapat melakukannya,2). Siswa kemampuan sedang dapat menyajikan pernyataan matematis, namun hanya 60% dari soal yang dapat diidentifikasi, hanya 60% yang dapat mengajukan dugaan dengan benar dan untuk menyusun bukti hanya 40% yang dicapai ataupun memberikan alas an terhadap solusi siswa hanya 20% yang dapat dicapainya. 3). Siswa kemampuan rendah memiliki kemampuan yang sama dengan siswa kemampuan sedang dalam menyajikan pernyataan matematis namun dalam mengajukan hanya mampu menjawab 40% dari soal, untuk menyusun bukti hanya 20% yang dapat dicapai ataupun memberikan alasan terhadap solusi tidak dapat dilakukan oleh siswa dan juga menarik kesimpulan masih hanya dapat dicapai 20% dari kemampuan menyimpulkan jawaban yang diperoleh dikarenakan siswa masih terdapat kesalahan dimana ia tidak dapat menghubungkan hasil yang didapat dengan pertanyaan dari soal sehingga membuat jawabannya kurang tepat