Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok terhadap regulasi diri dalam belajar pada siswa kelas XI IPS 2 di SMA Srijaya Negara Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design dengan pendekatan one group pre test – post test. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 28 siswa dan sampel 8 siswa yang diperoleh berdasarkan purposive sampling. Pemilihan sampel dilihat dari tingkat perilaku regulasi diri dalam belajar siswa yang rendah. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket perilaku regulasi diri dalam belajar pada siswa. Teknik analisis data menggunakan Uji t. Perlakuan diberikan sebanyak 3 kali pertemuan dengan menggunakan materi yang berbeda-beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan antara pretest dan posttest. Sebelum menerima perlakuan, skor rata-rata pretest adalah 59 kemudian skor rata-rata bertambah menjadi 90,62 berdasarkan hasil posttest setelah perlakuan diberikan pada ke-8 siswa. Hal ini menunjukkan bahwa perlakuan tersebut memberikan pengaruh positif terhadap perilaku regulasi diri dalam belajar pada siswa. Dari hasil analisis data diperoleh thitung = 4,898 dan ttabel dalam taraf signifikan 5% yaitu 2,365 sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap regulasi diri dalam belajar pada siswa.