Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini siswa kelas VII dengan jumlah seluruh siswa 352 siswa di SMP Negeri 10 Palembang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 110 responden dipilih menggunakan teknik proportionate random sampling. Data dianalisis dengan rumus persentase untuk mengetahui kategori mana yang dominan. Hasil yang diperoleh menunjukkan pada kategori tinggi dengan persentase 60%, dan kategori sangat tinggi dengan persentase 16% pada perilaku prokrastinasi akademik. Dilihat dari 4 aspek prokrastinasi akademik, aspek perceived time pada kategori tinggi dengan persentase 54%, aspek intention-action memiliki persentase 71% pada kategori tinggi, pada aspek emotional distress 55% dengan kategori tinggi dan pada aspek perceived ability dengan persentase 44% pada kategori tinggi. Yang paling dominan terjadi pada aspek intention-action (antara keinginan dan tindakan) dengan hasil persentase 71% pada kategori tinggi. Kata Kunci: Prokrastinasi akademik; siswa sekolah menengah pertama.